Pemkab Tuban Dukung Pengembangan OVOP

oleh -
BUKA EXPO : Bupati Tuban Lindra didampingi Kapolres AKBP Rahman Membuka Jatirogo Expo

TUBAN

Penulis : M. Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban mendukung berkembangnya perekonomian desa melalui one village one product )OVOP) atau satu desa satu produku. Hal itu disampaikan Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky saat membuka pameran di Kecamatan Jatirogo.

Bupati didampingi didampingi Kapolres Tuban, AKBP Rahman Wijaya dan Dandim 0811/Tuban, Letkol Inf Suhada Erwin. Gelaran berjuluk  Jatirogo Expo diawali dengan pertunjukan drumband dan kirab budaya yang diikuti 1.500 peserta dari Kecamatan Jatirogo.

Pameran digelar di lapangan Koramil Jatirogo selama 7 hari yang diisi sekitar 50 stan UMKM dan IKM Kecamatan Jatirogo. Sejumlah kegiatan akan digelar di antaranya pentas seni, pertunjukan pencak silat, dan pagelaran wayang kulit Ki Sigit Ariyanto dan lainnya.

Bupati Aditya Halindra Faridzky menyampaikan kekagumannya atas semangat yang ditunjukkan masyarakat Jatirogo. Peserta karnaval terdiri dari siswa TK hingga masyarakat kelompok usia lanjut.

“Semangat yang ditunjukkan kelompok masyarakat Lansia harus kita tiru sebagai generasi muda untuk senantiasa berkontribusi,” ungkapnya.

Terkait dukungan terhadap UMKM dan IKM, Mas Lindra menyatakan Pemkab Tuban berkomitmen mendukung upaya pengembangan potensi desa melalui program OVOP. Hadir UMKM dan IKM akan mendukung optimalisasi potensi desa di Jatirogo. Di samping itu, sebagai upaya percepatan pemulihan ekonomi masyarakat.

“Adanya event ini menjadi wahana promosi produk UMKM dan IKM,” jelasnya.

Mas Lindra juga mendorong UMKM dan IKM agar mengurus perijinan, senantiasa meningkatkan mutu maupun pengemasan produk yang diperlukan. Tujuannya, agar meningkatkan ketertarikan pasar terhadap produk lokal Kabupaten Tuban.

“Mari bersama-sama kita membangun Kabupaten Tuban,” serunya.

Sementara Camat Jatirogo, Deny Susilo Hartono, S.STP., MM., dalam laporannya menyebutkan tema besar yang diusung pada Jatirogo Expo 2022 yaitu Pesonamu Adalah Jati Dirimu. Tema tersebut diangkat untuk menggelorakan semangat warga Jatirogo mengoptimalkan potensi diri, desa, maupun wilayah Kecamatan Jatirogo agar dapat bersaing dan dipandang masyarakat luas.

“Juga meningkatkan rasa cinta tanah air selaras dengan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI,” katanya.

Kegiatan ini sebagai wahana berkreasi dan berwirausaha bagi generasi muda dan masyarakat Jatirogo. Kegiatan juga diisi kegiatan edukasi siswa dan ikrar damai lintasperguruan pencak silat di Jatirogo.

“Puncaknya diadakan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Sigit Ariyanto,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *