Ribuan Peserta Ikuti Pertamina Eco-RunFest 2022

oleh -
Pertamina-Eco Run Fest : Dirut Pertamina Nicke Widyawati Juga Ikut Lari dalam Pertamina-Eco Run Fest 2022

JAKARTA

Penulis : Eka Febriyani

Link Banner

Lenterakata.com – Ribuan peserta ikuti Pertamina Eco-RunFest 2022. Tercatat 8.300 peserta memenuhi area di sekitar Istora Senayan Jakarta, Minggu, 27 November 2022 untuk ikut lari bersama.

Para peserta yang sudah terdaftar memenuhi Challenges Multiple Run dengan berlari bersama dalam berbagai kategori yaitu 1,5K Family Run untuk anak usia 7 – 12 tahun dan  pendamping yang berusia lebih dari 17 tahun, 5K Fun Run yang dapat diikuti oleh semua usia.

Kemudian  10K Race dengan kategori Pelajar (usia 13-17 tahun), Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun) serta kategori baru Eco-Run yakni Half Marathon 21K dengan kategori Umum (usia 18-44 tahun) dan Master (lebih dari 45 tahun).

“Saya sangat senang dengan animo peserta Pertamina Eco-RunFest yang sangat tinggi pada tahun ini. Saya memberikan apresiasi untuk seluruh peserta,” ujar Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati yang juga ikut lari 5K Fun Run.

Di tahun ke-9 penyelenggaraannya, Pertamina Eco-Run hadir dengan konsep baru yakni Pertamina Eco RunFest 2022 dengan mengusung tema Sustainable Living yang tidak hanya menyuguhkan ajang lari Eco-Run namun juga menghadirkan Eco-Fest yang terdiri dari festival musik lintas generasi “Energizing Music Festival” dan bazar dalam negeri “Eco-Market” yang menyuguhkan produk dan gaya hidup ramah lingkungan.

“Kita tahu bahwa kita dihadapkan dengan tantangan perubahan iklim yang semakin nyata. Untuk itu, melalui kegiatan ini, Pertamina ingin mengajak masyarakat untuk bersama-sama memulai gaya hidup berkelanjutan,’’ tambahnya.

Kita, lanjut Nicke, bisa melakukan itu mulai dari diri sendiri dari hal-hal yang sederhana. Misalnya, yang bisa kita lakukan hari ini yaitu sadar sampah, buang sampah sesuai kategorinya, kami sudah siapkan tempat-tempat sampahnya.

‘’Sampah dari kegiatan ini akan kita pilah dan olah, sehingga semaksimal mungkin sampah tersebut dapat didaur ulang kembali atau dijadikan kompos,”  ucap dia.

Menurut Nicke, hal ini selaras dengan aspirasi Pertamina untuk mencapai Net Zero Emission 2060, yang antara lain dijalankan melalui dekarbonisasi kegiatan usaha Pertamina Group. Seperti salah satunya, penangkapan dan penyimpanan karbon dioksida yang digunakan kembali untuk meningkatkan produksi energi, juga penggunaan energi bersih dan efisien di wilayah-wilayah operasi Pertamina.

Selain dekarbonisasi, Pertamina juga gencar mendorong energi rendah karbon dan energi baru terbarukan, seperti bahan bakar nabati, panas bumi, dan hidrogen.

“Jadi, ayo, kita sama-sama jalankan porsi kita dalam mendukung Net Zero Emission, supaya masa depan anak cucu dan bumi kita tetap lestari,” imbaunya.

Pelaksanaan Eco-RunFest direspons positif oleh para peserta. Salah satunya Kuntoro, yang berangkat dari rumahnya di Kabupaten Bogor dari pukul 04.00 demi mengikuti lomba ini.

“Saya senang ikut kegiatan ini dari tahun ke tahun. Karena selain menyehatkan badan, kita bisa saling bersilaturahmi dengan afiliasi Pertamina lainnya. Semoga kegiatan ini bisa bisa mengenergize kita semua untuk makin sehat dan makin kompak,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Baim Wong, artis yang sekarang menjadi youtuber. Ia juga mengaku kagum dengan pelaksanaan Eco-RunFest yang mengutamakan keamanan, kesehatan dan kenyamanan peserta.

“Tidak mudah mengatur 8.000-an peserta dengan sistem dua ticketing. Tapi saya lihat Pertamina berhasil melakukannya. Keren banget. Saya pasti bakal ikut event ini lagi ke depannya,” ucap Baim yang baru pertama kali mengikuti event ini.

MENARIK : Ajang Community Workshop Menarik Perhatian di Gelaran Pertamina Eco RunFest 2022

Selain ajang lari, salah satu hal yang menarik dari Ajang Pertamina-Eco Run Fest 2022, adalah kehadiran Community Workshop. Di area ini para pengunjung bisa berinteraksi langsung melakukan berbagai aktivitas menarik dan bermanfaat, salah satunya adalah dengan workshop “Phone Case Upcycling with GUDRND”.

Di Area ini, dilakukan pembuatan cashing handphone dari daur ulang tutup botol. Untung Sugiharto dari komunitas GUDRND menyampaikan, bahwa hal ini merupakan hal unik, dan memerlukan proses tertentu.

“Prosesnya dari tutup botol yang ada, kami cacah dulu lalu dipanaskan dengan menggunakan mesin hot press untuk sablon atau bisa juga dari oven, ada juga dari mesin extrude dan inject. Dari situ kami harus punya molding atau cetakan. Kemudian setelah dari oven di press, lalu di diamkan sehingga jadinya berbentuk lembaran, yang bisa kami bentuk sesuai keinginan,” ujarnya.

Untung juga menjelaskan, awal mula tertarik membuat inovasi ini, dan mengembangkan komunitas nya.

“Ide awalnya sebenarnya dari komunitas Goodschool. Ketika pandemi, Goodschool membuat faceshield. Nah ternyata ada limbahnya sekitar 5-6 karung. Kemudian kami terinspirasi untuk membuat produk lainnya, ternyata kami bisa melakukan inovasi menjadi berbagai macam produk. Selain membuat cashing handphone, kami juga membuat pouch dan cover untuk tumbler, jika tertarik lebih lanjut silahkan follow Instagram kami @gudrnd,”jelasnya.

Dirinya juga berterimakasih kepada Pertamina, karena komunitas nya sudah diajak ikut serta berpartisipasi dalam event akbar Pertamina-Eco Run Fest 2022.

“Kami sangat senang bisa diajak untuk mengikuti Pertamina-Eco Run Fest 2022, kami berterimakasih atas kesempatan yang diberikan Pertamina. Pengunjung juga sangat antusias, karena bisa ikut membuat produk-produk langsung di booth ini. Harapannya ini bisa menjadi inspirasi, juga ide-ide baru sehingga anak muda lebih kreatif dan bisa memanfaatkan barang-barang yang di sekitarnya,” harapnya.

Sementara itu ada komunitas lain yang juga membuat hal unik, menggunakan produk daur ulang dari sampah plastik, yang diubah menjadi produk bermanfaat, yaitu Stuffo. Sopyan dari komunitas Stuffo menyampaikan, inovasi apa saja yang dilakukan komunitas nya.

“Kami membuat Tumbler, Cover Tumbler, hingga Sling Bag juga, gunanya buat pengunjung yang datang  ke event ini kan, biasanya suka bawa merchandise yang mereka pegang-pegang terus kan, jadi agak ribet. Jadi kenapa bikin tas ini, supaya lebih simpel dan bisa berguna untuk pengunjung, dan pastinya anti ribet. Bahan pembuatannya itu dari  kresek, kemudian kami seterika, habis dipola lalu dipotong, setelah itu berbentuk, kami pasang kancing kemudian pasang tali, sampai selesai,”jelasnya.

Sopyan juga berharap edukasi yang diberikan kepada para peserta bisa bermanfaat, dirinya juga menyampaikan rasa terimakasih kepada Pertamina karena komunitas nya bisa tampil di ajang ini.

“Edukasi ini, salah satunya dalam rangka untuk menjaga lingkungan, dengan mendaur ulang sampah, agar bisa dimanfaatkan dengan baik, sehingga para peserta bisa membuat sendiri nanti. Caranya mudah dan kami yakin para peserta, bisa mengaplikasikannya dengan mudah, bagi yang tertarik bisa follow Instagram kami di @stuffobag. Selain itu dalam kesempatan ini, saya juga mengucapkan terimakasih sekali lagi untuk Pertamina sudah mengajak kami hadir di ajang Pertamina-Eco Run Fest 2022”.Ujarnya.

Salah satu peserta yaitu Riztsa juga mengapresiasi kehadiran Community Workshop ini.

“Ini area yang paling menarik menurut saya, dari semua booth, saya tertarik datang kesini, karena yang saya tahu ini ada workshop dari tutup botol, kan ya. Ternyata bisa dijadikan cashing handphone, itu sangat menarik sih, bisa mengurangi sampah juga, dan bisa didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat, harapan nya ini bisa lebih dikembangkan menjadi produk yang lebih bervariasi lagi nantinya, jadi tidak hanya cashing handphone saja,’’ katanya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *