Sidak Mamin di Pasar Kunduran, Ditemukan Makanan Mengandung Formalin dan Rodhamin

oleh -
SIDAK PASAR : Petugas Gabungan Sidak Pasar untuk Memastikan Makanan dan Minuman yang Dijual Aman Dikonsumsi

BLORA

Penulis : Supriyanto

Link Banner

Lenterakata.com – Untuk memastikan produki makanan dan minuman (mamin) yang dijual di pasaran aman dan layak konsumsi, petugas gabungan di Kabupaten Blora, Jawa Tengah melakukan sidak ke pasar-pasar.

Salah satu pasar yang dikunjungi adalah pasar di Kecamatan Kunduran. Sebelumnya sidak dilakukan di Pasar Sido Makmur Kecamatan Blora. Petugas gabungan yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Pertanian Dan Peternakan, Satpol PP serta Labkesda dan Dindagkop Kabupaten Blora didampingi Forkopincam Kunduran turun langsung di lapangan.

Petugas mengambil beberapa sampel produk makanan dan minuman untuk dilakukan tes laboratorium dan dalam hasil tes tersebut ditemukan ada cumi-cumi yang dijual warga positif mengandung formalin.

Selain cumi cumi, juga ditemukan produk kerupuk merah putih yang positif menggunakan pewarna Rhodamin B atau pewarna tekstil.

Formalin dan Rhodamin B adalah bahan pengawet dan bahan pewarna yang membahayakan jika dikonsumsi oleh warga. Sejauh ini untuk pedagang yang menjual produk tersebut masih diberikan pembinaan agar tidak lagi menjual produk tersebut.

Kapolsek Kunduran Iptu Kumaidi menyampaikan bahwa dalam sidak di Pasar Kunduran ini, Kepolisian dan TNI melakukan pendampingan. Dan pelaksanaan test laborat dilakukan oleh petugas yang berkompeten.

“Sidak ini kita lakukan untuk kebaikan masyarakat, agar tidak lagi dijual produk produk yang membahayakan kesehatan. Dan kami dari Polsek dan Koramil siap mendulung kegiatan tim gabungan dari Blora,” kata Kapolsek Kunduran.

Sementara itu Kepala UPTD Pasar Wilayah 3 Ngawen Marthin Ukie Andhana,M.Si mengatakan, bahwa menjelang Hari Raya Idul Fitri 2022, pihaknya terus menjalin sinergi dengan lintas sektoral untuk menjaga kamtibmas serta kesehatan masyarakat, khususnya penjual dan pembeli di Pasar Kunduran.

“Kami dari UPTD Pasar Wilayah 3 Ngawen akan terus bersinergi dengan lintas sektoral. Salah satunya adalah dengan mendukung sidak makanan dan minuman ini. Alhamdulilah sampai saat ini situasi di Pasar Ngawen, Kunduran dan Todanan aman dan kondusif. Kaitannya temuan sidak, tentunya harus dilaksanakan oleh pedagang bersangkutan,” kata Ukie.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *