Digelar Dua Hari, Buka Kerja di Tuban Sediakan 2.300 Lowongan

oleh -
BUKA LOWONGAN : Bupayti Lindra Menyapa Salah Satu Stan Perusahaan Peserta Bursa Kerja di Tuban

TUBAN

Penulis : M. Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban untuk memberikan pekerjaan bagi warganya terus dilakukan. Salah satunya dengan menggelar bursa kerja. Pemkab Tuban mengundang 31 perusahaan dalam bursa kerja ini. Acara selama dua hari 14 dan 14 September 2022 tersebut sedikitnya membuka 2.300 lowongan pekerjaan.

Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., didampingi Forkopimda Tuban membuka langsung kegiatan bertajuk Job Fair and Milenial Enterpreneur yang digelar di Hotel Mustika tersebut.

Bupati Aditya Halindra Faridzky mengungkapkan, bursa kerja diselenggarakan untuk mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan. Selain itu, juga memfasilitasi masyarakat dan pelaku bisnis muda dengan menyediakan pelayanan perijinan dan konseling, serta perbankan sebagai mitra pengembangan usaha.

“Juga terdapat sejumlah lembaga penyedia pelatihan,” ujarnya.

Para pencari kerja dan generasi muda saat ini diharapkan tidak hanya mencari lowongan pekerjaan tapi juga mampu menciptakan lapangan kerja. Salah satunya dengan berwirausaha yang mampu lapangan pekerjaan lebih luas.

Penyelenggaraan bursa kerja menjadi bukti konkrit komitmen Pemkab Tuban menurunkan angka pengangguran. Penurunan angka pengangguran diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat berseiring dengan peningkatan kesejahteraan, pendidikan, dan kesehatan. Tujuan akhirnya adalah mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan IPM di Kabupaten Tuban.

“Kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini,” jelasnya.

Bupati Tuban menjelaskan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tuban mengalami kenaikan sebesar 8 persen. Pada tahun 2020, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tuban berada di minus 5,58 persen dan mengalami kenaikan menjadi 3,00 persen di tahun 2021.

Untuk mendukung trend positif tersebut, lanjut Mas Lindra, Pemkab Tuban akan menggencarkan kegiatan serupa. Tidak hanya itu, sosialisasi perihal lowongan kerja dan kewirausahaan akan terus dimasifkan, melalui cara konvensional maupun memanfaatkan teknologi digital.

Di samping itu, menciptakan iklim investasi yang aman dan nyaman yang diimbangi dengan percepatan pengurusuan berinvestasi di Kabupaten Tuban.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Perindustrian (Disnakerin) Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo, SIP., MM., menyebutkan penyelenggaraan Job Fair and Milenial Enterpreneur menyasar lulusan SMA/SMK/MA serta Sarjana di Kabupaten Tuban. Perusahaan yang mengikuti kegiatan ini berasal dari dalam dan luar Kabupaten Tuban.

“Juga terdapat lowongan pekerjaan hingga keluar negeri,” ujarnya. Juga disediakan stan pameran produk UMKM dan IKM.

Sugeng Purnomo menambahkan pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan kepada perusahaan yang telah mendukung pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada pekerjanya. Juga diserahkan Sertifikat Kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk Pewarnaan Alami Batik dan Perancang Motif Kain Batik.(*)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *