Pembukaan Porkab di Tuban Diwarnai Kericuhan, Pemkab Berpotensi Rugi Miliaran

oleh -
BERPOTENSI AKIBATKAN KERUSAKAN : Pembukaan Porkab Tuban yang Ricuh Berpotensi Merugikan Miliaran Rupiah

TUBAN

Penulis : M. Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Pembukaan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Tuban Ke-VIII yang dipusatkan di Stadion Bumi Wali, Tuban Sport Center (TSC) Rabu (3/7/2024) malam dihadiri ribuan orang. Selain, patra atlet dan oficial, ribuan warga juga di tengah stadion karena disediakan hiburan.

Usai pembukaan secara resmi Porkab yang dilakukan Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, panitia memang memberikan hiburan gratis para warga. Bintang tamu yang dihadirkan adalah grup musik Guyon Waton dari Jogjajarta.

Akibatnya, ribuan warga langsung menyemut di dalam stadion. Hal ini tentu saja merusak rumput stadion kebanggaan warga Kabupaten Tuban tersebut. Bahkan, saat grup musik tersebut manggung, terjadi kericuhan antarpenonton.

Grup musik yang punya salah satu lagu hits berjudul ‘Sanes’ tersebut baru menyanyikan sekitar lima lagu saat kericuhan terjadi. Petugas keamanan harus bekerja keras untuk membuat kericuha tidak semakin meluas.

Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Tuban, M. Emawan Putra pada wartawan Kamis (4/7/2024), mengatakan bahwa melalui acara tersebut Pemkab Tuban sebenarnya ingin memberikan hiburan kepada masyarakat.

“Kami sangat menyayangkan insiden ini. Pemkab Tuban sebenarnya ingin menghibur masyarakat. Kami berharap ada edukasi dari teman-teman agar masyarakat bisa lebih kondusif dalam menyikapi acara-acara seperti ini,” ujar Emawan.

Terkait potensi kerusakan fasilitas umum di stadion akibat kericuhan ini, Emawan memastikan tidak ada fasilitas umum yang rusak.

“Insyaallah tidak ada kerusakan,” katanya.

Jika terjadi kerusakan stadion, dipastikan Pemkab Tuban bakar rugi miliaran. Sebab, untuk rumput stadion saja tidak murah. Apalagi rumput yang standar FIFA. Terlebih jika ada fasilitas lain di stadion yang juga rusak.

Sebab gambaran, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada 2023 lalu mengatakan biaya untuk mengganti rumput Jakarta International Stadium (JIS) agar bisa sesuai standar FIFA dan menggelar Piala Dunia U-17 2023 mencapai Rp6 miliar.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *