Polda Jateng Nilai Siskamling Desa Geneng Blora

oleh -

BLORA
Penulis : M.Rizqi
Lenterakata.com – Satuan Keamanan Lingkungan (Satkamling) RT 03 RW 01 Desa Geneng Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, Jawa Tengah mendapat kunjungan dari Tim Penilai Lomba Satkamling Tigkat Polda Jawa Tengah.

Polres Blora menunjuk Satkamling Desa Geneng sebagai perwakilan Kabupaten Blora untuk mengikuti lomba Satkamling tingkat Polda Jateng dan sekaligus sebagai tempat berlangsungnya perlombaan tersebut.

Link Banner

Penilaian yang dipimpin oleh ketua tim yakni Kasubditbinpolmas Ditbinmas Polda Jateng AKBP Maulud,S.Ag tersebut dilaksanakan mulai pukul 20.00 WIB, Senin, (11/07/2022) malam.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Blora yang diwakili oleh Wakapolres Kompol Christian Chrisye Lolowang,SH,SIK,MH, Kasat Binmas Polres Blora AKP Sudarto, serta Forkopincam Jepon, Kepala Desa Geneng dan kepala desa tetangga Desa Geneng serta para perangkat desa dan warga sekitar.

Wakapolres Blora Kompol Christian Chrisye Lolowang,SH,SIK,MH menyampaikan, kegiatan yang digelar ini bertujuan untuk meningkatkan semangat satkamling guna meningkatkan keamanan di wilayah sendiri.

Karena kamtibmas merupakan tanggung jawab bersama. Karena dengan ditingkatkannya poskamling dapat mendeteksi sejak dini dan menangkal serta mencegah timbulnya berbagai tindak kejahatan.

‚ÄúSatkamling merupakan pam swakarsa yang merupakan budaya di tingkat RT dan RW,” ujarnya

Dengan diselenggarakannya lomba ini, katandia, dapat mewujudkan masyarakat yang aman dan nyaman.

Serta merupakan tindak lanjut dan partisipasi aktif bela Negara dalam hal keamanan di lingkungan.

Melalui kegiatan tersebut, Wakapolres Blora juga menyampaikan untuk kembali mengaktifkan serta mendongkrak kegiatan Satkamling di tengah tengah masyarakat.

Sebab, di beberapa daerah kegiatan satkamling ada kecenderungan menurun sehingga perlu upaya penggalakan kembali. Sebab, Kamtibmas adalah tanggung jawab bersama semua pihak.

“Keamanan di Kabupaten Blora merupakan keinginan kita semua, besar yang sudah dilaksanakan agar bukan hanya pada saat penilaian saja namun berkelanjutan agar aman dan nyaman,” imbuhnya.

Penilaian lomba Satkamling disambut cukup antusias dengan ditandai ratusan warga yang hadir.

Kedatangan tim penilai dijemput oleh dokar hias di gapura masuk Desa Geneng kemudian diarak oleh seni barongan khas Blora dari lorong lorong hingga ke lokasi satkamling tempat penilaian.

Turun dari dokar hias ketua tim penilai diberikan pengalungan bunga dan disambut dengan peragaan tari lesung dan tari gambyong.

Tak hanya disitu tim penilai juga disuguhi peragaan penanganan kejadian kebakaran dan penanganan pertama jika terjadi tindak pidana pencurian di satkamling Desa Geneng.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *