SIG Pabrik Tuban Memperingatkan Vendor untuk Berkomitmen Patuhi K3

oleh -
KOMITMEN K# : PT SIG Pabrik Tuban Minta Vendor Komitmen K3

TUBAN

Penulis : M. Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SIG) Pabrik Tuban secara tegas menyatakan komitmennya untuk menjalankan peraturan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam operasionalnya. Pernyataan ini disampaikan oleh SVP of Production SIG Pabrik Tuban, Benny Ismanto, dalam kegiatan Enhancement Safety Awareness Pekerjaan Overhaul Tuban 4, Tahun 2024, di Gedung Auditorium SIG Pabrik Tuban, Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban.

Benny Ismanto memberikan peringatan kepada sejumlah vendor yang bekerja sama dengan pabrik tersebut. Dalam sambutannya, ia menegaskan bahwa keselamatan dan keamanan selama bekerja adalah hal yang tidak dapat ditawar. Seluruh karyawan dan pekerja rekanan diwajibkan untuk tunduk pada ketentuan keselamatan kerja dengan benar.

“Tidak ada kata tolong dan tidak ada kata tidak setuju dalam melaksanakan safety dan keamanan selama bekerja. Semua harus melaksanakan apa yang telah menjadi kebijakan perusahaan, karena hal tersebut bersifat perintah. Yang telah menjadi aturan perusahaan harus dilaksanakan, setuju tidak setuju harus dilaksanakan. Dan yang keberatan dengan aturan yang dikeluarkan perusahaan bukan di sini tempatnya,” tegas Benny.

Benny menjelaskan bahwa, meskipun pada awalnya penerapan aturan-aturan K3 dapat terasa berat dan tidak nyaman, hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kecelakaan atau kejadian fatal. Ia memberikan analogi dengan penggunaan helm oleh pengendara motor, di mana awalnya polisi harus mengingatkan, namun kini pengendara motor lebih tertib berkat tindakan tegas aparat.

Keselamatan kerja dianggap sebagai bagian paling penting dan prioritas perusahaan sebagai pemberi kerja. Benny menekankan bahwa aturan ini wajib dilaksanakan secara baik oleh para vendor tanpa tawar-menawar, dan zero accident adalah komitmen bersama. Para vendor diharapkan memahami potensi bahaya yang mungkin terjadi dalam pekerjaan mereka dan mengantisipasinya sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dalam rangka menjaga komitmen dan semangat dalam mematuhi peraturan K3, acara tersebut diakhiri dengan pemberian piagam reward bagi vendor terbaik yang menjalankan K3 secara tertib dan benar. Selain itu, dilakukan penandatanganan komitmen bersama sebagai bentuk pernyataan konsisten dalam melaksanakan dan meningkatkan budaya keselamatan dalam bekerja.

Berita ini mencerminkan seriusnya SIG Pabrik Tuban dalam menjalankan standar keselamatan kerja, sekaligus menekankan pentingnya peran aktif para vendor dalam mencapai lingkungan kerja yang aman dan sehat.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *