Pertahankan Kinerja Positif di Tengah Pandemi, PT SBI Bukukan Laba Bersih Rp721 Miliar

oleh -
ENERGI TERBARUKAN : SBI terus mendorong perwujudan pembangunan berkelanjutan melalui solusi pengolahan limbah dan sampah perkotaan menjadi sumber energi alternatif terbarukan.

JAKARTA

Penulis : Eka Febriyani

Link Banner

Lenterakata.com – PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI/Perseroan) mempertahankan kinerja positifnya selama 2021. Ada kenaikan penjualan produk yang dibuat. Sehingga, selama 2021 perusahaan ini membukukan laba bersih Rp721 miliar.

PT SBI melaporkan kinerja keuangan perseroan tahun buku 2021. Meski belum bisa dibilang pulih jika dibandingkan sebelum pandemi, konsumsi semen domestik naik sebesar 4,3 persen menjadi 65,2 juta ton dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 62,5 juta ton.

Pasar ekspor naik 23,2 persen menjadi 11,4 juta ton dibandingkan tahun 2020 yang mencapai 9,3 juta ton.

Selain kondisi market overcapacity dan pandemi yang masih berlanjut, industri semen juga mengalami tantangan kenaikan harga batu bara di tahun 2021 akibat krisis energi global. Kenaikan harga ini berdampak pada biaya energi yang berkontribusi sekitar 30 persen pada biaya produksi.

Meski dibayangi berbagai tantangan berat di tahun 2021, sinergi bersama SIG berhasil membantu SBI mempertahankan kinerja positif dengan mencapai total volume penjualan semen dan terak sebesar 13,4 juta ton atau naik sebesar 12,4 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya.

Membaiknya volume penjualan juga dialami bisnis beton jadi sebesar 25,4 persen menjadi 1,1 juta meter kubik, dan agregat sebesar 48,7 persen menjadi 913 ribu ton. Sinergi dan berbagai upaya efisiensi yang dilakukan oleh perseroan, membantu SBI menjaga ‘ebitda’ tetap positif dan mencatat peningkatan laba bersih menjadi sebesar Rp721 miliar.

Menanggapi kinerja tahun 2021 yang cukup baik, Direktur Utama SBI, Lilik Unggul Raharjo mengatakan bahwa pandemi seharusnya sudah dapat lebih diatasi.

“Pandemi dan krisis energi merupakan sinyal kuat urgensi atas kebutuhan solusi-solusi berkelanjutan.  Karena itu, SBI akan fokus pada inisiatif-inisiatif berorientasi pembangunan berkelanjutan yang menjadi daya saing kami,’’ ujarnya.

Dia menyebu, mulai dari aplikasi digitalisasi untuk operasional yang efisien, pemanfaatan bahan baku dan bahan bakar alternatif untuk meningkatkan efisiensi penggunaan batu bara. Juga menurunkan emisi karbon, hingga penciptaan solusi-solusi konstruksi berkelanjutan sesuai kebutuhan pembangunan saat ini dan masa depan.

PT Solusi Bangun Indonesia Tbk adalah sebuah perseroan terbuka yang mayoritas sahamnya (83,52 persen) dimiliki dan dikelola oleh PT Semen Indonesia Industri Bangunan (SIIB) – bagian dari PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG.

Perseroan menjalankan usaha yang terintegrasi dari semen, beton siap pakai, agregat dan layanan pengelolaan limbah yang mengoperasikan empat pabrik semen di Narogong (Jawa Barat), Cilacap (Jawa Tengah), Tuban (Jawa Timur), dan Lhoknga (Aceh), dengan total kapasitas 14,8 juta ton semen per tahun, dan mempekerjakan lebih dari 2.000 orang. (*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *