Beroperasi, Lapangan Kemuning PEPC ADK Diharapkan Bawa Dampak Positif Bagi Daerah

oleh -

BLORA
Penulis : Supriyanto
Lenterakata.com – Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP, M.Si hadiri kegiatan Inagurasi On Stream Lapangan Kemuning Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning (PEPC ADK), di Fasilitas Produksi Lapangan Kemuning Sumur NGU-1X, Desa Nglobo, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Selasa (28/12/2021)

Inagurasi on stream tersebut, sekaligus menandai mulai beroperasi dan berproduksinya gas di lapangan PEPC ADK tersebut. Sehingga, diperkirakan akan menambah produksi gas sebesar 3,5 MMSCFD.

Link Banner

Bupati menyambut baik dengan beroperasinya Lapangan Kemuning PEPC ADK ini. Pihaknya juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Pertamina yang telah memberikan sumbangsih untuk Kabupaten Blora.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Blora dan seluruh masyarakat Blora mengucapkan selamat atas inagurasi on stream Lapangan Kemuning PEPC ADK. Semoga bermanfaat dan dirasakan manfaatnya untuk Indonesia dan juga oleh khususnya Kabupaten Blora” ujar bupati.

Bupati mengatakan bahwa pemerintah kabupaten mendukung program-program Pertamina yang ada di Kabupaten Blora. Pihaknya juga berharap agar Pertamina dan Pemkab terus bersinergi.

“Kami pemerintah daerah juga ada tanggung jawab, tanggung jawab sosial dan lainnya dan kami mohon kita bersinergi. Pemda akan berkomitmen menjaga kondusivitas keamanan dan sebagainya, ketika kita beroperasi di daerah tertentu tentu masyarakat harus bisa merasakan, dan bisa merasa aman” paparnya

Bupati berharap, agar nantinya daerah-daerah operasi dari Pertamina ini dapat merasakan manfaatnya. Sehingga daerah tersebut dapat turut berkembang dan mampu mengembangkan potensinya.

Nanti di daerah operasi Pertamina ini, lanjut Arief, masyarakat sekitarnya bisa terlibat, mendapatkan manfaatnya. Desa Nglobo potensinya luar biasa untuk wisata dan sebagainya.

“Di desa ini menghasikan gas, saya ingin desa ini dan sekitarnya menjadi desa yang maju dan makmur” tambahnya.

Pihaknya juga mengapresiasi kerja keras dan kekompakan dari Pertamina PEPC ADK, sehingga Lapangan ini bisa beroperasi.

“Rasanya ini seperti mission impossible, ternyata hari ini bisa terlaksana, ini semuanya atas kerja keras dan kekompakan dari teman teman Pertamina ADK” kata Bupati

Bupati mengatakan, kepada SKK Migas, kami berharap juga beberapa lapangan yang ada di wilayah Blora ini tentunya kita untuk gali potensinya.

“Kita berharap, lapangan yang menurut penelitian tidak ekonomis, seprti ADK ini orang menyangsikan, ternyata ketika diolah ekonomis juga” ucapnya

Terakhir, pihaknya juga berharap agar Pertamina turut bersinergi dengan BUMD di Kabupaten Blora. Sehingga nantinya dapat berkembang dan semakin bermanfaat bagi masyarakat.

“Kaitannya dengan BUMD, saya titip juga BUMD kami untuk bisa diajak bekerja sama sehingga nantinya bisa mendukung pendapatan untuk daerah. Perlu BUMD kami untuk dibina oleh BUMN Pertamina” pungkasnya.

Sementara itu Direktur PEPC ADK Deddy Syam, menyatakan bahwa project di lapangan tersebut perkembangannya terus dipantau hingga pimpinan Pertamina.

Meski banyak yang menyangsikan, tetapi pada tanggal 28 Desember 2021 sudah mampu on stream beroperasi.

“Project ini saya katakan project cabe rawit roro jonggrang, kecil tapi gaungnya sampe kemana mana, ” beber dia.

Dari pemda, Pertamina, Dirut, sampai ke Komut juga menanyakan bagaimana progressnya.
Dan banyak menyangsikan, tidak yakin Desember bakal on stream.

“Kita buktikan dengan teamwork dan sinergi yang baik, project tersebut dapat selesai tiga bulan lebih awal dari target yang telah ditentukan dan pada Desember sudah on stream,” ungkapnya.

Sedang Direktur Eksplorasi PT Pertamina Hulu Energi Sub Holding Upstream Pertamina Medi Kurniawan mengungkapkan bahwa momen inagurasi on stream tersebut menjadi milestone yang sangat penting bagi PEPC ADK.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.