SBI Peringati Hari Disabilitas Internasional Bersama Warga Difabel di Tuban

oleh -
PENYERAHAN HADIAH : PT SBI Menyerahkan Hadiah Berbagai Lomba Peringatan Hari Difabel Internasional

TUBAN

Penulis : M. Rizqi

Link Banner

Lenterakata.com – Tuban. PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) Pabrik Tuban yang merupakan anak usaha PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG, bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Tuban dan Forum Disabilitas Tuban menggelar Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hak Asasi Manusia (HAM) Rabu (20/12/2023)

General Manager SBI Tuban, Istifaul Amin mengatakan peringatan HDI ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan kepada warga difabel di sekitar operasional SBI di Tuban.

“Saya bangga dan sangat mengapresiasi warga difabel karena mereka adalah bagian dari kita dan saudara kita yang hidup berdampingan dalam komunitas warga. Peringatan ini menjadi kesempatan dan peluang untuk mempererat silaturahmi dengan mereka,” ujar Istifaul Amin.

Mengusung tema “Kebebasan, Kesetaraan dan Keadilan bagi Sesama demi Mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan”, peringatan HDI dan HAM dipusatkan di SDN Sawir dan dihadiri oleh 320 undangan yang terdiri dari 62 orang difabel dan selebihnya adalah para pelajar, guru serta perwakilan¬† pemerintah desa, kecamatan dan dinas terkait.

Melengkapi rangkaian acara, SBI juga menggelar beberapa kegiatan seperti lomba tempel kolase yang melibatkan 5 SLB, lomba mewarnai, menggambar, serta pelatihan tata rias bagi warga difabel dan memberikan stimulan usaha rias. Pelatihan tata rias diikuti oleh 15 peserta tuna rungu dan tuna wicara, 10 peserta dari Forum Difabel Tuban, serta 5 warga difabel dari desa sekitar pabrik.

Atik Istiqomah (30), warga difabel asal Desa Karangasem mengucapkan terima kasih atas bantuan stimulan yang diberikan SBI.

“Saya terharu dan bangga atas bantuan ini yang kami membuat kami terus bersemangat agar tetap bisa produktif. Kami pasti bisa,” ungkap Atik Istiqomah dengan penuh semangat.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pemangku kepentingan yang telah bersama-sama peduli kepada saudara-saudara kita yang difabel. Semoga keuletan dan kegigihan mereka menularkan semangat positif dalam menjalani hidup bersama-sama dalam komunitas masyarakat,” harap M. Yunani Rizzal, General Affairs dan Community Relations Manager SBI Tuban di sela sela penyerahan bantuan stimulan bagi para difabel.

Rizzal menambahkan, selain lomba tata rias, pihaknya juga menggelar beberapa lomba yang diikuti oleh para pelajar SD atau Madrasah Ibtidaiyah dalam rangka penyebarluasan HAM dan nilai-nilai anti kekerasan, membangun kebersamaan dalam keberagaman. Lomba yang diadakan diantaranya lomba drama, sastra Bahasa Indonesia dan Inggris serta pembacaan puisi yang diikuti oleh 16 sekolah.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *