Dorong Pertumbuhan Industri Hulu Migas, SKK Migas Gelar SCM Summit 2024

oleh -

JAKARTA
Penulis : M.Rizqi
Lenterakata.com – SKK Migas kembali menggelar SCM Summit 2024, yang menjadi platform bagi para pemangku kepentingan untuk berkolaborasi, berinovasi, dan merumuskan langkah-langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan industri hulu migas nasional.

Melalui acara ini, SKK Migas bersama KKKS dan pemangku kepentingan lainnya akan membahas solusi dan terobosan teknologi hulu migas, mempercepat digitalisasi rantai pasok, dan menyelesaikan permasalahan kompleks dalam aktivitas dan operasional hulu migas.

Link Banner

Deputi Dukungan Bisnis SKK Migas, Rudi Satwiko menekankan pentingnya peran manajemen rantai pasok (Supply Chain Management -SCM) dalam memperkuat industri hulu migas nasional. Apalagi, menurutnya, tahun 2024 merupakan tahun yang sangat dinamis serta penuh tantangan.

“SCM memiliki peran strategis dalam memperkuat industri hulu migas nasional. Kita berharap SCM Summit 2024 dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan memberikan nilai tambah bagi industri hulu migas secara keseluruhan,” katanya, di Jakarta, Kamis, (2/5/2024).

Ditegaskan, SKK Migas memiliki komitmen kuat untuk mengembangkan industri hulu migas guna mendukung visi produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari pada tahun 2030.

Komitmen ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, tetapi juga untuk mempromosikan kemampuan industri lokal, termasuk kelompok usaha kecil dan menengah sebagai penunjang hulu migas.

Sementara itu, Kepala Divisi Pengelolaan Rantai Suplai dan Analisis Biaya, Eka Bhayu Setta menambahkan, terobosan dan inovasi, terutama yang berbasis pada prinsip lean SCM, akan menjadi kunci dalam mencapai tujuan IOG 4.0.

Dia berharap, melalui langkah-langkah strategis seperti efisiensi proses tender, peningkatan TKDN, dan digitalisasi IOG e-Commerce dan IOG e-Catalog, fungsi SCM SKK Migas dapat semakin memperkuat pertumbuhan industri hulu migas.

“Langkah-langkah ini sejalan dengan visi untuk meningkatkan daya saing industri dalam negeri, mempercepat pertumbuhan ekonomi, dan menghadapi tantangan global dalam sektor energi,” ujarnya.

SCM Summit adalah event tahunan SKK Migas yang kembali diadakan setelah absen selama 9 tahun. Tema SCM Summit 2024 adalah “Menavigasi Rencana Jangka Panjang Melalui Rantai Pasok Terintegrasi & Kolaboratif.”

Kegiatan SCM Summit 2024 akan dimulai dengan Pre-SCM Summit 2024 di Surabaya pada tanggal 10-11 Juni, diikuti oleh Pre-SCM Summit 2024 di Batam tanggal 1-4 Juli 2024.

Acara puncak akan diadakan di Jakarta pada pertengahan Agustus 2024. Diproyeksikan lebih dari 7500 peserta dari berbagai sektor akan menghadiri konferensi ini, termasuk SKK Migas, KKKS, pemerintah, penyedia barang dan jasa, pelajar/mahasiswa, serta profesional SCM lainnya.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *