Begini Sinergi untuk Keberlanjutan ala Pertamina EP Cepu

oleh -

YOGYAKARTA
Penulis : M. Rizqi
Lenterakata.com – Sinergi adalah sebuah keniscayaan. Karena setiap manusia, kelompok, perusahaan atau pihak mana saja tanpa sinergi dengan pihak lain mustahil bisa bertahan.

Karena itu, Pertamina EP Cepu menggelar ghatering media Regional Indonesia Timur 2023 Subholding Upstream Pertamina dengan tema Synergi for Sustainability di Yogyakarta 23-26 September 2023.

Link Banner

Kegiatan ini diikuti100 lebih perwakilan media dari berbagai kabupaten dan provinsi di Indonesia. Seperti dari Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Gresik dan Surabaya Jawa Timur.  Ada dari Kabupaten Blora dan Rembang Jawa Tengah bahkan juga dari Papua dan Sulawesi.

Acara yang dipusatkan di sebuah hotel di Yogkarta ini juga diisi dengan workshop yang mendatangkan beberapa narasumber hebat. Salah satunya Wenseslaus Manggut jurnalis senior dan owner beberapa media online terkenal. Mantan Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) ini berbagai trik dan pengalaman bagaimana mengelola media di era digital seperti saat ini pada peserta. Metta Dharmasaputra CEO Katadata juga membocorkan trik khusus untuk membuat media online semakin berkembang.

Para peserta menyambut baik kegiatan ini. Sebab, bukan sekadar kumpul-kumpul bersama para jurnalis dari berbagai daerah, namun ada ilmu dan pengalaman yang bisa dibawa pulang lalu dipraktekkan.

“Ilmu atau pengalaman dalam jurnalistik terus berkembang. Kalau tidak diupgrade akan ketinggalan. Jadi kegiatan gathering ini sudah pas karena ada ilmu yang bisa didapat,” ujar Khoirul Huda Ketua Ronggolawe Press Solidarity (RPS) perwakilan peserta dari Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Rudi Imran perwakilan Manajemen Pertamina EP Cepu mengatakan sengaja menggandeng media untuk bersama membangun khususnya di wilayah Indonesia Timur. Karena wilayah Indonesia timur sangat luas, potensi persinggungan dengan masyarakat sangat besar.

“Media penting untuk menyampaikan aspirasi masyarakat pada perusahaan dan menyampaikan apa yang dilakukan perusahaan untuk masyarakat,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, perubahan media sangat cepat sehingga harus terus update informasi. Teknologi mengubah segalanya, sehingga harus bisa mengikuti.

“Media harus bisa menyesuaikan dengan perubahan-perubahan tersebut,” katanya.

Sementara, Arya Dwi Paramita Sekretaris Perusahaan Subholding Upstream Pertamina mengaku senang kembali bertemu dengan banyak media di acara tersebut. Karena sebagian adalah teman-teman yang dia kenal saat dia masih bertugas di banyak daerah.

“Jadi ini kayak reuni, sebagian teman-teman lama yang dulu keliling bareng ketemu di sini,” ucapnya.

Arya mengaku heran dengan media karena bisa mendapat informasi dan tahu lebih cepat. Karena itu, perusahaan harus bisa 10 kali lebih cepat di depan dari teman-teman media.

“Saya sering nggawok atau heran kok teman-teman sudah tahu ya padahal saya baru mbatin,” tandasnya.

Dia berharap kegiatan ini bisa bermanfaat dan semakin menguatkan sinergitas antara perusahaan dan media yang sudah terjalin selama ini.(*)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *